Cholesterol baik, Cholesterol jahat

Maret 22, 2009 at 12:46 pm Tinggalkan komentar

Apakah Cholesterol Itu?

Mengapa ditakuti banyak orang?

cholesterol-1bb

Cholesterol

Cholest-5-en-3ß-ol

Cholesterol adalah sejenis senyawa sterol yang terdapat dalam tubuh  manusia dan hewan tingkat tinggi, Cholesterol terdapat dalam semua jaringan, seperti di otak, jaringan saraf tulang belakang, dalam minyak dan lemak hewan. Cholesterol terdapat diotak: 2000mg/100 gr,

kunig telur: 1500 mg/gr,

hati: 300 mg/gr,

udang: 200 mg/gr.

Cholesterol dalam jumlah yang cukup diperlukan oleh tubuh kita untuk membangun membran sel, untuk bahan sintese hormon-hormon steroid penting seperti hormon seks, hormon yang mengontrol ekskresi urine dan metabolisme glukosa.

Cholesterol didalam tubuh dibedakan menjadi :

Cholesterol endogen, yaitu yang disintesa didalam tubuh,

Cholesterol eksogen, yaitu Cholesterol yang berasal dari bahan makanan yang dimakan.

Cholesterol hanya terdapat dalam pakan hewani, pakan yang berasal dari nabati tidak mengandung Cholesterol melainkan mengandung fitosterol, yang didalam tubuh manusia tidak dapat dirubah / disintesa  menjadi Cholesterol !

Sintesa Cholesterol didalam tubuh berlangsung dengan bahan baku asam lemak, baik asam lemak jenuh maupun asam lemak tidak jenuh dengan bantuan enzim-enzim, apabila konsumsi  Cholesterol eksogen dari makanan bertambah, ini akan menekan sintesa Cholesterol didalam tubuh, karena kebutuhan Cholesterol oleh tubuh setiap harinya sudah tertentu jumlahnya, sehingga setiap penambahan dari luar, akan menekan sintesanya didalam tubuh.
Cholesterol dibendakan dalam 2 bentuk:

1. LDL-Cholesterol (Low Density Liporpotein), LDL-Cholesterol sering disebut Cholesterol jahat, karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit arteriosclerosis.

2. HDL-Cholesterol (High Density Lipoprotein), HDL-Cholesterol seringkali disebut sebagai Cholesterol baik, karena dapat mengikis terbentuknya pengendapan lemak didinding pembuluh darah, fungsinya sangat penting, yaitu membawa molekul-molekul Cholesterol didalam darah yang berasal dari bahan pangan hewani atau yang berasal dari sintesa didalam hati.

Cholesterol ini sangat penting untuk mensintesa  hormon steroid, dan untuk memproduksi asam empedu di hati. Satu partikel / gumpalan LDL mengandung sekitar 2.000 molekul Cholesterol berikatan dengan asam lemak (Cholesteril ester ), 1.000 molekul fosfolipid dan satu molekul besar protein di permukaan partikel ini yang disebut: apolipoprotein b-100.

Hubungan Asam lemak dan Cholesterol:

Asam lemak jenuh meningkatkan kadar Cholesterol darah melalui mekanisme penurunan jumlah reseptor LDL di hati. Reseptor LDL adalah protein pada membran sel yang bertanggung jawab atas penyerapan partikel LDL, sedangkan partikel LDL berfungsi mengangkut molekul Cholesterol didalam sirkulasi darah, Akibat menurunnya jumlah reseptor LDL di hati maka laju penyerapan partikel LDL oleh hati pun menurun, selanjutnya akan terjadi penumpukan Cholesterol LDL didalam sirkulasi darah, terjadilah hypercholesterolaemia, yang sangat berbahaya karena terjadinya pengendapan partikel-partikel lemak didinding pembuluh darah, yang akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, pengapuran pembuluh darah, sehingga dinding  pembuluh darah menjadi rigid  tidak elastis lagi, hal ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit tekanan darah tinggi (Hypertension).

Silahkan baca juga :

  1. 10 jenis makanan sahabat cholesterol
  2. 10 jenis makanan anti cholesterol

Entry filed under: Makanan-Minuman. Tags: .

Hubungan Minyak Goreng dan Kolesterol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: