Sindroma tubuh berbau ikan (bau amis), Bagaimana mengatasinya ?

Februari 14, 2009 at 1:03 am Tinggalkan komentar

Sindroma tubuh berbau ikan (bau amis)

Bagaimana cara mengatasinya

rotting-fish-1Istilah yang lebih terkenal dari Sindroma tubuh berau ikan adalah : “ Fish odor syndrome”, “Fish Malodor Syndrome”, “Trimethylaminuria (TMAU)”. Sindroma tubuh berbau ikan (bau ikan busuk) adalah suatu kelainan yang disebabkan oleh gangguan metabolisme trimethylamine didalam tubuh manusia, kelainan metabolisme ini sangat jarang terjadi, dan merupakan gangguan genetik yang ditandai dengan pengeluaran senyawa kimia trimethylamine (CH3)3-N, didalam air seni, keringat, nafas, dan cairan tubuh lainnya.

Senyawa trimethylamine berupa gas yang baunya sangat menyengat seperti bau ikan busuk, sehingga menyebabkan orang-orang yang menderita TMAU mempunyai bau badan yang tidak enak seperti bau ikan busuk (body malodor ), hal ini dapat merusak ke pribadian penderita, merusak kehidupan sosialnya, merasa rendah diri, dijauhi oleh orang-orang dilingkungannya, sehingga terasa diasingkan, penderita menjadi pemurung, tertutup, dan jiwanya tertekan (stress), beberapa orang penderita trimethylaminuria memiliki bau badan yang tidak sedap sepanjang waktu, namun sebagian penderita lainnya memiliki bau badan tidak sedap dalam intensitas yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Penderita TMAU tidak mempunyai gejala fisik sakit, terlihat normal dan sehat, bau badan yang tidak sedap tidak ada hubungannya sama sekali dengan kebersihan pribadi penderita, TMAU lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan oleh laki-laki.


Sindroma tubuh berbau ikan disebabkan oleh kerusakan dari produksi normal enzim flavin-containing monooxygenase 3 / FMO3, bila FMO3 tersebut tidak berfungsi dengan baik atau jika ezym itu tidak dihasilkan dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan, maka tubuh tidak dapat memetabolisme trimethylamine yang berasal dari makanan, tubuh kekurangan trimethylamine-oxidase sehingga kehilangan kemampuan untuk merubah trimethylamine (TMA) yang berasal dari makanan, terutama makanan yang kaya asam amino choline, melalui proses yang disebut N-oxygenation menjadi senyawa metabolitnya trimethylamine-oksida (TMAO) yang tidak berbau, sebagai akibatnya, maka trimethylamine dikeluarkan melalui urine, keringat, nafas, dan cairan tubuh lainnya, memberikan bau amis (bau ikan) yang kuat, bau tubuh tidak sedap ini bervariasi tergantung pada banyak faktor antara lain jenis asupan makanan, perubahan hormonal penderita, adanya cemaran bau yang lain dalam ruangan.
TMAU adalah gangguan metabolisme tubuh yang disebabkan oleh faktor genetik maupun faktor lingkungan, hidup penderita TMAU adalah penuh tantangan, dapat berpengaruhi jelek pada mata pencaharian si penderita dan keluarga mereka, anak-anak penyandang TMAU akan medapat penolakan atau kurangnya pengertian dari teman-teman mereka selama di sekolah dan waktu bermain.
Trimethylamine merupakan produk dekomposisi dari tanaman dan binatang. yang menimbulkan bau tidak enak yang sering dikaitkan dengan bau ikan busuk (rotting fish), trimethylamine adalah gas yang mudah terbakar pada suhu kamar, dalam konsentrasi rendah menimbulkan bau “amis” yang kuat, sedang pada konsetrasi tinggi menimbulkan bau seperti amoniak (“ammonia-like” ).

Ada dua subtypes sindroma tubuh berbau ikan:

  1. Berhubungan dengan tidak berfungsi normalnya aktifitas enzim karena sebab genetik, sebab hormon, atau sebab pengaruh hambatan dari senyawa kimia lain.
  2. Berhubungan dengan kelebihan diet precursors trimethylamine atau adanya perbedaan banyaknya mikroba dalam perut, yang menyebabkan trimethylaine terlepas bebas (bau amis ikan) tidak terikat sebagai trimethylamine-oxide (tidak berbau).

Perawatan
Tidak ada pengobatan yang sempurna untuk trimethylaminuria (TMAU), juga pilihan perawatan sangat terbatas, sangat mungkin bagi beberapa orang menderita TMAU untuk tetap hidup relatif normal, hidup sehat tanpa takut ditinggalkan / dihindari oleh orang-orang lain karena bau badannya yang tidak sedap..

Cara untuk mengurangi sindroma tubuh berbau ikan (bau amis)

  1. Mengurangi asupan dari precursors trimethylamine (TMA) dengan menghindari makanan seperti telur, kacang-tertentu daging, ikan, dan makanan yang mengandung asam amino-choline, choline (ditemukan di ikan, telur, kacang-kacangan, daging dan organ tubuh), carnitine, nitrogen, dan belerang (diet rendah protein), kurangi asupan lecithin, bahan tambahan makanan yang terdapat dalam telur, kedelai, dan jagung.
  2. Menghindari brokoli dan sayuran hijau, brokoli dan sayuran hijau gelap mengandung indole-3-carbinol (I-3-C) yang menghambat metabolisme trimethylamine.
  3. Minum banyak air, makan probiotic untuk meningkatkan jumlah bakteri penolong dalam usus (search : fighting fish odor syndrome)
  4. Minum antibiotik dosis rendah untuk mengurangi jumlah bakteri jahat dalam usus, atau pengobatan singkat degan neomycin dan metronidazole untuk mengurangi aktivitas mikroorganisme dalam flora usus.
  5. Menggunakan deterjen dengan pH antara 5,5 dan 6,5(sedikit asam).
  6. Terapi Gen dengan penggantian Gen manusia untuk FMO3.
  7. Makan absorbents seperti Norit, ion-exchange-resins, atau Cu-chlorophyllin untuk mengubah flora usus guna mengurangi jenis bakteri yang bertanggung jawab atas perubahan precursors dari makanan ke trimethylamine, cara ini berhasil meningkatkan kualitas hidup penderita TMAU yang ringan, namun tidak selalu berhasil..
  8. Mengoksidasikan trimethylamine yang dibebaskan yag berau menjadi senyawa N-oksida yang tidak berbau.
  9. Minum suplemen riboflavin, suatu prekursor dari FAD-cofactor untuk fungsi Flavin-monooxygenase.
  10. Gunakan produk kebersihan untuk menutupi bau trimethylamine.
  11. Konseling dengan psikolog untuk membantu menghilangkan depresi dan gejala psikologis lainnya.
  12. Konseling dengan ahli genetika untuk lebih memahami dan menerima keadaan mereka.

Entry filed under: Kesehatan Pribadi. Tags: .

5 Cara untuk berhenti merokok ! Ancaman kesehatan, Infeksi Nosokomial !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: